XR Attention Lab Manfaatkan Penelitian Ilmu Saraf Modern

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Virtuleap adalah startup yang berbasis di Lisbon, perusahaan Boost VC Tribe 11 dan anggota program startup CMS equIP. Mereka awalnya mulai mengembangkan API mereka untuk memenuhi kebutuhan aksesibilitas, memperluas basis pengguna konten immersive beradaptasi untuk inklusivitas dan kenyamanan pengguna maksimal; seperti peningkatan kontras warna atau penyesuaian ukuran font melalui preferensi pengguna individu.

Sudut inklusif manusia-sentris secara bertahap berkembang menjadi menggabungkan pendekatan ilmiah seperti neuropsikologi dan analisis fraktal, yang sekarang menjadi apa yang tim anggap sebagai metrik asli pertama untuk penelitian, desain, dan pemasaran human-centric untuk era komputasi spasial.

Tim ini memanfaatkan penelitian ilmu saraf modern untuk membuat model matematika yang menyimpulkan keadaan emosi berdasarkan pada postur tubuh, gerak tubuh, dan gerak bawah sadar dan bawah sadar Anda di lingkungan yang mendalam. Untuk tahap pengembangan selanjutnya, mereka sekarang mencari untuk menguji stres algoritma dengan memberi makan pembelajaran mesin dengan data dari aplikasi yang menghadap konsumen. Hasilnya adalah Attention Lab – aplikasi “edutainment” Oculus Go yang baru-baru ini diluncurkan dalam versi beta – menampilkan serangkaian game dan tantangan yang melacak interaksi pengguna.

Menurut Bozorgzadeh, konsep ini adalah campuran dari aplikasi VR populer seperti Valve’s The Lab dan Owlchemy Labs ‘Job Simulator, dan game non-VR seperti Lumosity dan Cognifit, yang berfokus pada kognisi dan perhatian pengguna. Ini menampilkan serangkaian eksperimen terukur yang menangkap kognisi pengguna dalam VR. Setiap pengalaman didukung oleh serangkaian algoritma biometrik yang menerjemahkan postur tubuh subliminal, gerakan, dan gerakan di lingkungan VR, AR, dan 3D menjadi wawasan yang bermakna tentang kondisi manusia.

‚ÄúSementara para pemain dapat menikmati menantang kemampuan kognitif mereka, seperti memori dan konsentrasi, manfaat sebenarnya dari Attention Lab adalah akses ke kedalaman pengetahuan dan psikografi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dimungkinkan berkat titik data baru yang ditangkap oleh perangkat komputasi spasial “

Dengan pembelajaran mesin, model matematika akan menjadi lebih akurat dari waktu ke waktu dengan membiarkan API melacak dan memetakan profil “segmentasi” fisik, fisiologis dan psikologis untuk membangun database yang dapat menghasilkan analitik prediktif. Misalnya, API akan dapat mengantisipasi profil pengguna anonim berdasarkan isyarat perilaku mereka dengan menghitung probabilitas pada kemungkinan profil psikografis dan demografis mereka.

“Jika berjalan seperti bebek, berenang seperti bebek, dan dukun seperti bebek, maka pembelajaran mesin kami menghitung probabilitas seberapa besar kemungkinan pengguna anonim itu adalah bebek,” jelas Roland Dubois, Cofounder dan CXO di Virtuleap. “Segala sesuatu yang kami tangkap dalam bentuk wawasan yang bermakna akan membutuhkan survei tradisional atau wawancara pengguna untuk menangkap.”

Sementara pemain dapat menikmati menantang kemampuan kognitif mereka, seperti memori dan konsentrasi, manfaat sebenarnya dari aplikasi ini adalah akses ke kedalaman pengetahuan diri yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Attention Lab saat ini ditampilkan pada platform Kaleidoscope VR dan akan diluncurkan di Oculus Store Q2 2019. Secara paralel, API akan tersedia untuk umum pada platform online di akhir tahun ini. Virtuleap saat ini menerima kampanye percontohan dengan merek dan perusahaan baik di sektor konsumen dan perusahaan untuk menciptakan apa yang mereka sebut “model template” yang akan memungkinkan algoritma biometrik mereka menjadi relevan untuk konten di berbagai kategori yang berbeda.