Trend Virtual Reality: 2017 Jadi Titik Balik VR

, , , , , , , , , , , , , , ,

Penelitan VR menyebutkan satu dari tiga konsumen mengakui teknologi ini “sangat menarik”. Lalu seperti apa trend virtual reality di 2017? PlayStation VR menjadi perangkat yang paling diminati untuk di beli dalam waktu satu tahun kedepan. Akankah ada perang-perangan PC dan console VR di kemudian hari?

Menurut penelitian GfK, tahun 2017 akan menjadi titik balik bagi VR dan AR. Konsumen saat ini sedang terpesona dengan potensi VR dalam berbagai bidang. Tahun ini juga akan menjadi prime time VR bagi developer untuk menggali kegunaan dari pengalaman imersif ini. Responden yang mereka sebut dengan Leading Edge Consumers menunggu kehadiran teknologi ini untuk industri pendidikan, komunikasi dan desain.

Sementara SuperData memprediksi pertumbuhan pasar VR mencapai 20 kali lipat, yaitu $37.7 miliar tahun 2020. Pasar hardware dan software VR tahun ini akan berkembang sekitar $4.9 miliar. Penjualan headset VR murah seperti Google Cardboard akan menurun 30% di tahun 2017. Perangkat yang lebih premium akan naik kali lipat. Semakin berkualitas hardware, maka dari sisi software pun akan lebih luas sehingga membuka pasar baru.

Trend virtual reality 2017 lainnya diperkirakan dari adanya pergeseran segmen konsumen. Pada tahun ini, Research and Markets memprediksi hardware dan software VR enterprise akan naik dari $592.3 juta pada tahun 2016 menjadi $9.2 miliar pada 2021. Compound Annual Growth Rate (CAGR) pasar ini mencapai 59.6%. Pada tahun 2017, pengembangan VR enterprise akan difokuskan kepada lima penggunaan utama. Pelatihan/stimulasi, edukasi, virtual prototyping/3D modelling, atraksi dan terapi medis akan bernilai lebih dari $1 triliun tahun ini.

Menurut Grand View Research, VR gaming akan mencapai $45.09 Miliar pada tahun 2025. Persaingan akan semakin memuncak antara PC dan console. Perang ini akan melibatkan beberapa pemain kunci, seperti Microsoft, Sony dan Nintendo yang akan merilis console VR. Console gaming di anggap dapat menghadirkan prosesor yang lebih efisien dibandingkan PC dan smartphone. Berbagai perangkat pendukung dan aksesoris VR akan meningkatkan pengalaman gaming yang interaktif.

Sementara itu, Credence Research memprediksi pasar VR akan lebih dari $30 Miliar di tahun 2023. Menurut mereka, pasar global akan diwarnai oleh pengguna dari berbagai segmen. Total pendapatan pasar global dari empat besar pemain VR masih kurang dari 45%. Produsen dan developer perlu mengusung keunikan tersendiri untuk masing-masing industri yang di sasar mulai dari sekarang. Kehadiran berbagai startup VR akan berdampak pada perkembangan VR untuk beberapa tahun ke depan.

– "Berita VR Indonesia dan global tentang update VR hardware, software, game, event dan industri virtual reality terbaru." –

Trending

Title image

Tetap Fit dengan Beat Saber VR

Title image

Kamera Samsung Gear 360 2017 Dirilis, Ini Kelebihannya

Title image

Perbedaan Xiaomi Mi VR dan Mi VR Play

Title image

9 Rekomendasi Aplikasi AR untuk ARKit

Title image

Harga Pre-Order KatVR Telah Rilis