Pressure Mounts untuk Strategi VR Hilang Xbox saat Pendapatan PSVR Melebihi $ 2 Miliar

, , , , , ,

VR mungkin masih muda, dengan basis pemasangan yang masih kecil dibandingkan dengan dunia konsol game tradisional, tetapi tidak dapat diabaikan bahwa peningkatan penjualan headset Playstation VR — efektif aksesori PS4 yang sangat mahal — menambah pendapatan yang cukup besar . Dalam generasi di mana PS4 telah mempertahankan basis instalasi utama (dan PS5 ditetapkan untuk mendukung VR ketika diluncurkan akhir tahun ini) tekanan meningkat bagi Microsoft untuk mengetahui strategi Xbox VR-nya.

Memindahkan Jarum

Angka resmi Sony menyebutkan penjualan PS4 (termasuk PS4 dan PS4 Pro) pada 106 juta unit pada akhir 2019. Sementara itu Microsoft belum secara publik mengungkapkan angka penjualan Xbox One mereka untuk beberapa waktu, meskipun perkiraan terbaru menyebutkan sekitar 50 juta unit . Secara kompetitif, itu adalah kesenjangan yang sangat besar. Dan itu tidak membantu Microsoft bahwa, bagi para gamer di pagar antara dua konsol, PlayStation memiliki tanda centang besar di kolom VR sedangkan Xbox tidak.

Itu akan terus menjadi kasus untuk PS5 vs Xbox Seri X, karena Sony telah mengkonfirmasi bahwa konsol generasi berikutnya akan terus mendukung PSVR, sementara Microsoft telah menegaskan bahwa VR bukan prioritas untuk Xbox Seri X.

Bukan hanya berat dukungan VR yang bisa memajukan keunggulan PlayStation, ada pendapatan yang harus dipertimbangkan juga. Basis pemasangan PSVR mungkin tidak terlalu besar dibandingkan PS4, tetapi ini adalah perangkat yang mahal — seringkali bahkan lebih mahal daripada konsol yang mendukungnya — memberikan pendapatan tambahan yang cukup besar bagi perusahaan.

Awal tahun ini Sony secara resmi melaporkan bahwa basis instalasi PSVR telah mencapai 5 juta unit. Headset telah dijual dalam berbagai konfigurasi sejak diluncurkan, dengan Sony menurunkan harga dari waktu ke waktu dari Bundel Peluncuran $ 500 asli ke bundel hari ini dengan harga sekitar $ 350. Perusahaan juga telah melakukan penjualan agresif setiap musim belanja liburan sejak headset diluncurkan.

Dengan meringkas harga jual rata-rata $ 400 untuk 2,5 juta unit pertama dan rata-rata $ 300 untuk mengikuti 2,5 juta, kita dapat memperkirakan bahwa Sony telah menghasilkan hampir $ 1,75 miliar pendapatan dari perangkat keras PSVR saja.

Penghasilan perangkat lunak di atas itu berdiri untuk menambahkan jauh lebih banyak. Pada Agustus 2018, Sony mengatakan telah menjual 21,9 juta game PSVR, yang pada saat itu rata-rata 7,3 game per headset saat itu.

Kita dapat menggunakan angka itu untuk memperkirakan jumlah game yang terjual lebih baru (berdasarkan tonggak headset terbaru 5 juta); kami berakhir dengan perkiraan 36,5 juta game PSVR terjual. Jika kami memperkirakan $ 15 konservatif untuk setiap judul, itu adalah $ 547 juta pendapatan lain yang dihasilkan oleh perangkat lunak PSVR (beberapa di antaranya jatuh ke Sony dan sebagian ke pengembang).

Menyatukan semuanya, kita dapat memperkirakan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak PSVR telah menghasilkan pendapatan $ 2,3 miliar. Tidak semua pemasukan masuk ke Sony (beberapa masuk ke pengembang, distributor, dll) tetapi masih merupakan pasar yang signifikan yang telah terbukti keberadaannya oleh perusahaan.

$ 2,3 miliar sangat banyak … meskipun bukan jumlah yang besar dibandingkan dengan pendapatan dari konsol PS4 itu sendiri (yang ada dalam puluhan miliar), tetapi jelas merupakan angka yang menggerakkan jarum — dan aliran pendapatan baru yang tidak disadap Xbox. —Yang lebih jauh memimpin konsol Sony. Tekanan memuncak Microsoft untuk mencari tahu bagaimana rencana VR-nya berjalan di Xbox.

Awal yang Salah untuk VR di Xbox

Xbox One X diumumkan dengan dukungan VR, tetapi rencana itu menguap sebelum diluncurkan | Foto dengan Road to VR
Kembali ketika pertama kali diperkenalkan di E3 2016, Microsoft membuat poin yang jelas untuk berbicara tentang bagaimana konsol terbaru mereka (pada saat itu) Xbox One X akan “memimpin industri ke masa depan di mana game 4K sejati dan VR dengan kesetiaan tinggi adalah standar, tidak terkecuali. “

Bahkan diumumkan bahwa Fallout 4 VR (kemudian dirilis pada tahun 2017 untuk headset PC VR) akan datang ke sistem. Hampir tidak lebih dari sebulan kemudian, kepala Xbox Phil Spencer memberikan pesan campuran tentang dukungan VR di Xbox One X.

Pada 2017 menjadi jelas bahwa konsol tidak akan memiliki jenis dukungan VR pada saat peluncuran, dan pada tahun 2018, setelah peluncuran konsol, Microsoft lebih lanjut menegaskan bahwa ia “tidak ada rencana khusus untuk konsol Xbox dalam realitas virtual atau realitas campuran. ”

Source

Leave a Reply