Dodeca Pen
vr, virtual reality, ar, augmented reality, mr, mixed reality, berita, Indonesia, vrstation, dodeca pen, 3d
posted by Shinta VR Media | Nov 10, 2017 | 17:16

Dengan menggunakan satu kamera dan dodecahedron 3D yang dihias dengan penanda kotak biner, yang disebut 'DodecaPen' mencapai pelacakan 6DoF submillimeter yang akurat dari stylus pasif. Dipimpin oleh mahasiswa PhD Universitas Nasional Taiwan Po-Chen Wu selama magang di Oculus Research, karya ini menyajikan solusi pelacakan dan masukan berbiaya rendah dengan banyak aplikasi potensial dalam kenyataan virtual dan ditambah.

Meskipun proyek ini berfokus pada aplikasi stylus, video tersebut juga menyoroti bagaimana dodecahedron dapat dihubungkan ke objek lain untuk pelacakan virtual, seperti keyboard fisik.

Menurut makalah yang dipublikasikan di situs NTU, ketepatan mutlak DodecaPen 0.4mm sebanding dengan pengaturan pengambilan gambar OptiTrack lanjutan yang menggunakan 10 kamera - sebuah resolusi gabungan 17 megapiksel. Sistem DodecaPen mencapai akurasi yang sama dengan kamera 1.3MP single, off-the-shelf. Penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa penjajaran sudut marker saja tidak cukup untuk pelacakan yang kuat; Tim malah menggunakan kombinasi teknik yang terperinci di koran, termasuk Perkiraan Estimasi Pose dan Pose Pose Dense. Bentuk 12 sisi dipilih untuk mempertahankan kualitas pelacakan konstan, sehingga "setidaknya dua bidang terlihat dalam banyak kasus."

Keuntungan utama dari DodecaPen adalah konstruksi sederhana dan elektronik minimal, sehingga sangat sesuai untuk gambar 2D dan 3D. Namun, tim mengenali keterbatasan dan kekurangannya, menjadi oklusi rawan karena kamera tunggal, dan mengandalkan jumlah cahaya ambient yang memadai untuk menjaga akurasi. Selain itu, kertas mencatat bahwa algoritma penglihatan komputer mereka 'lamban' dibandingkan dengan sistem pengambilan gerakan 300-800Hz, serta Lumitrack, teknologi pelacakan biaya rendah lainnya. Solusi DodecaPen dibatasi oleh software pengenal marka fiducial dan motion blur yang dihasilkan oleh kamera, menghasilkan latency yang tidak diinginkan.

Kesimpulannya menyatakan bahwa sistem dapat "mudah diperbesar dengan tombol untuk input diskrit dan unit pengukuran inersia untuk mengurangi latensi dan meningkatkan throughput." Stylus yang lebih kompleks juga dapat menawarkan simulasi gambar nyata yang lebih baik, termasuk sensitivitas tekanan dan kemiringan ujung, yang akan membuatnya lebih cocok untuk meniru pensil atau sikat daripada pena. Masalah oklusi dan kinerja rendah cahaya yang terbatas dapat ditingkatkan dengan beberapa kamera dengan sensor dan lensa gambar berkualitas tinggi, namun setiap peningkatan akan menambah biaya dan kompleksitas sistem.

Stylus buatan VR seperti DodecaPen bisa menjadi alat serbaguna untuk tugas produktivitas tradisional di VR, yang sebagian besar terbatas hari ini oleh solusi yang kurang untuk input teks yang cepat dan mudah.

Hot News
Trending