Paten Apple AR Baru Pindahkan Objek ke Dunia Nyata

, , , , , , , ,

Apple terus mencari celah untuk membawa augmented reality bagi iOS lovers. Paten Apple AR terbaru menjadi solusi bagi Anda untuk menambah dan memindahkan objek digital ke dunia nyata secara real time. Paten Apple ini memperkuat rumor-rumor terkait kehadiran teknologi AR di flagship terbarunya. Jika benar Apple AR ini diterapkan ke iPhone 8, maka smartphone akan memiliki fungsi baru.

Dipublikasikan oleh U.S. Patent dan Trademark Office kemarin, paten AR ini di klaim menggunakan hardware canggih serta algoritma yang kompleks. Perusahaan menciptakan sebuah sistem dengan “recording device” (misalnya saja sebuah iPhone) untuk menangkap gambar 2D di lingkungan nyata. Sistem menangkap reference point untuk posisi objek virtual. Dokumen paten tersebut menyebutkan, pengguna bisa meletakan furniture virtual di rumah mereka untuk melakukan preview sebelum membeli furniture tersebut.

Dengan paten Apple AR ini, objek virtual di dunia nyata tidak serta merta muncul di depan layar smartphone saja. Namun lebih “fit” di dunia nyata, misalnya saja bisa diletakan di belakang objek real. Seperti biasanya, Apple belum mengkonfirmasi perangkat yang akan membawa paten ini ke tangan pengguna. Melihat antusias Tim Cook terhadap AR, nampaknya iPhone akan menggandeng teknologi ini.

Teknologi augmented reality tak hanya di incar oleh Apple. Facebook yang sejauh ini telah mengucurkan dana besar bagi teknologi virtual reality pun ikut terlibat. Minggu ini pada konferensi F8, sang raksasa media sosial mengumumkan platform AR mereka. Sebuah teknologi AR yang memungkinkan pengguna mengetik dengan otak pun dibeberkan kepada publik. Sama seperti Apple, Facebook pun tak memastikan kapan teknologi ini siap dinikmati.

Source

Trending

Title image

Tetap Fit dengan Beat Saber VR

Title image

Perbedaan Xiaomi Mi VR dan Mi VR Play

Title image

Kamera Samsung Gear 360 2017 Dirilis, Ini Kelebihannya

Title image

Harga Pre-Order KatVR Telah Rilis

Title image

9 Rekomendasi Aplikasi AR untuk ARKit