HTC Vive 2017 Hadir dengan Lighthouse Station Baru

, , , , , , , , , , , ,

HTC Vive 2017 sudah mulai dikirimkan. Selain dari berat yang lebih ringan, headset VR ini mengusung perubahan desain. HTC merombak sensor SteamVR Tracking atau yang di kenal dengan Lighthouse Base Stations. Vive terbaru juga dipaketkan dalam packaging yang baru. Update ini diharapkan dapat mengisi kekosongan sebelum datangnya HTC Vive 2.

Setelah satu tahun lamanya beredar di pasaran, HTC memang tak kunjung merilis headset VR generasi kedua. Namun jika membeli HTC Vive mulai dari sekarang, Anda akan mendapat versi terbaru. Seperti pemberitaan kami sebelumnya, HMD room scale untuk PC ini di klaim 15% lebih ringan dibandingkan versi pertama. Anda akan lebih nyaman bermain game VR dan konten imersif lainnya.

HTC Vive 2017 mengusung Lighthouse Base Stations dengan jumlah LEDS dan pola yang berbeda. Sensor untuk menditeksi gerakan pengguna tersebut sebelumnya terdiri dari 15 LED array. Pada Base Stations terbaru, hanya ada 9 LED array yang tersusun dengan pola grid 3×3. Walau perubahan ini diharapkan berdampak kepada tracking, namun HTC memastikan bahwa sensor mereka hanya mengalami perubahan material.

“It is a material change only within the stations. It does not affect the playable range, tracking, or otherwise.” Ungkap perwakilan perusahaan Taiwan tersebut kepada DigitalTrends.

Walaupun sebagai headset VR berbasis PC, bukan berarti mobilitas tak penting. Selain kenyamanan, berat lebih ringan juga memudahkan Vive untuk dipindahkan ke ruangan lain. Sementara packaging yang baru membuat paket pembeliannya lebih ringkas. Tambahan handle pada kotak juga memudahkannya untuk di bawa bepergian. Sensor yang baru juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam produksi. Dengan demikian harga Vive 2 pun bisa lebih bersahabat.

Sejak rilis pada April 2016, HTC belum memutuskan untuk merilis produk VR “core” lainnya. Akhir tahun lalu, perusahaan memilih membangun ekosistem virtual reality dengan Vive Tracker. Dengan Tracker, berbagai aksesoris dan peripheral VR bagi Vive pun akan bermunculan. Bersama dukungan terhadap developer konten, HTC nampaknya mencoba meraih pasar VR hardware dan software yang lebih matang sebelum meluncurkan Vive 2.

Trending

Title image

Tetap Fit dengan Beat Saber VR

Title image

Kamera Samsung Gear 360 2017 Dirilis, Ini Kelebihannya

Title image

Perbedaan Xiaomi Mi VR dan Mi VR Play

Title image

Harga Pre-Order KatVR Telah Rilis

Title image

9 Rekomendasi Aplikasi AR untuk ARKit