Snapdragon 835, Chipset Qualcomm Terbaru Khusus VR

, , , , , , , , , , , , , , ,

Qualcomm Snapdragon 835 telah diumumkan pada CES 2017 lalu. Prosesor yang menjadi langganan smartphone terbaru ini kini khusus hadir untuk mendukung teknologi virtual reality. Smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 835 akan mendukung inside-out tracking. Chipset Qualcomm terbaru berukuran 10nm ini didemokan hanya dengan sensor bawaan dari smartphone.

Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 835 sebagai Snapdragon VR dan AR yang mendukung 6 degrees of Freedom. Di ajang CES, demo dihadirkan bersama sebuah headset yang mengunakan smartphone dengan Snapdragon 835. Sensor kamera utama smartphone terlihat dari bagian depan headset, nampaknya perangkat Qualcomm ini juga menggunakan sensor tambahan.

Untuk performanya menurut penelusuran tim Roadtovr, sistem positional tracking masih belum sempurna. Namun dari sisi rotational tracking sudah sebaik headset VR berbasis PC. Kualitas tracking ini mirip dengan yang disajikan oleh PlayStation VR, namun pengguna tidak perlu kamera atau sensor tambahan. Secara keseluruhan, performa dari Qualcomm cukup imersif untuk sebuah pengalaman VR yang hanya ditenagai oleh sebuah smartphone.

Teknologi yang di usung Qualcomm ini akan menjadi terobosan baru bagi dunia virtual reality, augmented reality dan teknologi sejenisnya. Kedepannya akan banyak smartphone dan headset VR mobile yang mendukung positional tracking. Chipset 4K Ultra HD Ready ini juga di klaim akan mendukung jaringan internet 5G. Kabarnya, Snapdragon 835 akan menjadi dapur pacu Samsung Galaxy S8 yang akan rilis tahun ini.

Sumber

Trending

Title image

Tetap Fit dengan Beat Saber VR

Title image

Perbedaan Xiaomi Mi VR dan Mi VR Play

Title image

Kamera Samsung Gear 360 2017 Dirilis, Ini Kelebihannya

Title image

9 Rekomendasi Aplikasi AR untuk ARKit

Title image

Harga Pre-Order KatVR Telah Rilis