WebVR bagi Chrome Android Hadir di Januari

, , , , , , , ,

Virtual reality kini hadir dalam berbagai bentuk di banyak industri. Diantaranya adalah WebVR yang memungkinkan VR lovers untuk browsing pada web menggunakan perangkat VR. Sayangnya, belum banyak penggunaan teknologi yang lahir di tahun 2014 lalu ini ini. Samsung Internet Browser untuk Gear VR menjadi satu-satunya browser WebVR versi konsumen, bukan versi development.

Kini giliran Google mengumumkan bahwa WebVR 1.1 akan segera rilis bagi perangkat Android. Pada event W3C Web & VR Workshop, Google mengkonfirmasi bahwa Chrome versi virtual reality bagi Android ini akan hadir pada bulan Januari mendatang. Dengan demikian, VR browsing bisa dinikmati semua orang, tidak hanya pengguna Gear VR.

Megan Lindsay, WebVR Product Manager Google menyatakan bahwa pihaknya akan merilis versi beta pada bulan Desember terlebih dahulu. WebVR yang telah benar-benar siap bagi pengguna akan hadir bagi aplikasi Chrome Android di Google Play. Rilis ini juga ditargetkan akan berdampingan dengan Daydream.

VR lovers juga tetap bisa menikmati konten 360 video di YouTube dan Facebook. Namun WebVR pada Chrome Android ini akan membuat Anda tidak perlu berpindah aplikasi ketika menemukan konten VR menarik saat menjelajah di browser Chrome.

Lindsay menambahkan, Google juga akan merilis WebVR untuk Chrome versi desktop yang mendukung Oculus Rift dan HTC Vive pada awal 2017. Raksasa mesin pencarian ini juga sedang mengembangkan Chrome VR Shell yang memungkinkan website 2D tanpa WebVR dapat menjadi VR browsing. Rencana ini akan hadir mulai pertengahan tahun depan.

Tak hanya Google, konferensi yang berlangsung dua hari tersebut juga melibatkan banyak pemain besar. Seperti, Mozilla, Samsung, Oculus, dan Microsoft. Mereka juga mengungkapkan sejauh mana pengembangan dan inovasi untuk membangun ekosistem WebVR.

Sumber

Trending

Title image

Tetap Fit dengan Beat Saber VR

Title image

Kamera Samsung Gear 360 2017 Dirilis, Ini Kelebihannya

Title image

Perbedaan Xiaomi Mi VR dan Mi VR Play

Title image

9 Rekomendasi Aplikasi AR untuk ARKit

Title image

Harga Pre-Order KatVR Telah Rilis